Cacingkepanasan Blog: Literacy and Poem

Wednesday, December 12, 2007

Novel tuh apaan seh?

Novel
Kalau kita lihat pengertiannya, novel tuh suatu prosa yang relatif panjang dan biasanya memiliki plot (alur cerita) yang relatif kompleks, biasanya dibagi kedalam beberapa bab. Umumnya cerita di dalam novel berkembang sesuai dengan tindakan dan pemikiran dari karakternya.

Novel menurut saya?
Karena ini pertama kalinya kita bikin novel, rasanya ini jadi suatu loncatan yang lumayan besar (kalau bahasa kerennya sih "Quantum Leap" alias "Loncatan Kuantum"). Terus terang, perbedaan novel sama cerita pendek tuh lumayan besar. Perbedaan pertama, ceritanya yang panjang. Kalau cerita pendek beberapa halaman juga beres, nah kalau novel kita harus berpikir sampai jauh berpuluh-puluh halaman. Mungkin hal ini juga yang bikin buku ke-2 agak lama beresnya (sekarang udah jalan sekitar hampir 1 tahun, dan masih belum beres). Tapi tetep, yang namanya nulis itu menarik :)

Kenapa sih nulis itu menarik?
Pernah punya perasaan seneng, atau marah barangkali? Atau punya pengalaman aneh? Hal-hal kayak gitu yang mau kita bagi sama orang lain, atau cuman sekedar curhat. Dengan nulis, rasanya itu jadi tempat kita untuk curhat. Atau lebih jauh lagi, kayak yang diomongin sama Dee (kalau enggak salah denger), menulis itu mencari jadi diri kita sendiri. Huufff... Menarik bukan?

Terus sekarang gimana?
Ya, kalau kata kita sih, mending coba aja nulis dari sekarang. ya, minimal nulis komentar di bawah :D. Kalau mau sharing juga boleh aja, ato post aja tulisan tentang cerita sederhana kamu. Tapi kalau mau post cerita, resiko ditanggung sendiri ya, maklum weblog ini bisa dibaca siapa aja :D.



2 Comments:

At 3:09 AM, Blogger Anang said...

saya nulis komen!

 
At 4:33 PM, Blogger CacingKepanasan said...

Bagus, itu juga salah satu usaha nulis :D

 

Post a Comment

<< Home

My Photo
Name:
Location: Bandung, West Java, Indonesia

I just share what I thing it worth ed to share from my interest point-of-view. Basically its about Writing and music, but I share things that I think need to share.


Powered by Blogger

Free Shoutbox Technology Pioneer

JANGAN ASAL COPY PASTE..

Photobucket.com

Dan juga untuk pengunjung cacingkepanasan blog, terimakasih telah berkunjung, ma terimakasih untuk sponsor, salam cacing ;)